Bank Mini

DSCF0568[1]
Print Friendly

Laboratorium Mini Bank JB merupakan tempat pelatihan bagi mahasiswa keuangan perbankan untuk mengapliksikan pengetahuan yang selama ini didapat secara teoritis dalam perkuliahan di kelas.

Kegiatan Laboratorium Mini Bank JB diharapkan dapat membekali dan menambah wawasan bagi mahasiswa di bidang Perbankan. Aktifitas utama dalam Laboratorium Bank Mini memfokuskan diri pada pengembangan kegiatan pengajaran khususnya simulasi kegiatan operasional perbankan seperti Costumer Service, Teller, Acount Oficer, Funding Oficer, dan pelatihan bidang operasional lainnya.

Untuk menunjang kegiatan praktikum perbankan, Mini Bank JB dilengkapi berbagai fasilitas pendukung antara lain:

  1. Ruangan Praktikum.

Ruang praktikum Mini Bank JB didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai ruang kerja di kantor perbankan pada umumnya yang dilengkapi dengan Counter teller dan costumer service

  1. Komputer:

Setiap couter teller dan costumer service dilengkapi dengan computer yang digunakan untuk melakukan transaksi financial maupun non financial oleh masing-masing petugas seperti pembukaan dan penutupan rekening, penyetoran dan penarikan tabungan serta pemindahbukuan.

  1. Printer Passbook:

Printer passbook digunakan untuk mencetak header buku tabungan pada saat pembukaan rekening dan pergantian buku tabungan, pencetakan mutasi rekening pada buku tabungan, percetakan validasi transaksi yang dilakukan oleh teller dan lain-lain.

  1. Aplikasi Pembukaan Rekening

Aplikasi pembukaan rekening digunakan untuk mengisi kelengkapan informasi data nasabah yang melakukan pembukaan rekening.

  1. Aplikasi Penyetoran Tabungan, Penarikan Tabungan Dan Pemindahbukuan

Aplikasi ini digunakan oleh nasabah untuk mengisi jenis dan jumlah transaksi yang dilakuakan dan juga sebagai bukti transaksi dan media verivikasi bagi teller atas transaksi yang dilakukan.

Dengan adanya praktikum diatas, diharapkan mahasiswa dapat:

  1. Melakukan pekerjaan costumer service dan teller, serta mampu menerapkan standar layanan bank.
  2. Cepat dan teliti dalam mengelola kas teller.
  3. Mampu membuat jurnal atas transaksi yang dilakukan
  4. Mampu menyusun laporan keuangan bank berdasarkan transaksi yang dilakukan.