Kode Etik Dosen

Print Friendly

KODE ETIK DOSEN STIE JAMBATAN BULAN TIMIKA

Pasal 1

Pengertian

 

Dalam kode etik ini, yang dimaksud dengan:

  1. Kode etik adalah seperangkat aturan yang mengatur cara berfikir, bersikap dan berperilaku seseorang baik di lingkungan kerja maupun di luar lingkungan kerja sehubungan dengan jabatan atau status kepegawaian yang disandangnya.
  2. Kode etik dosen STIE Jambatan Bulan Timika adalah seperangkat aturan yang mengatur cara berfikir, bersikap dan berperilaku dosen STIE Jambatan Bulan baik di lingkungan kerja maupun di luar lingkungan kerja sehubungan dengan jabatan dosen yang disandangnya.
  3. Dosen adalah tenaga pendidik pada STIE Jambatan Bulan Timika yang khusus diangkat dengan tugas utama mengajar serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. STIE JB adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambatan Bulan Timika.

Pasal 2

Nilai-Nilai

Setiap pejabat dosen STIE JB wajib menegakan nilai-nilai berik

  • Nilai-Nilai Umum:
  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan bersikap hormat menghormati antara sesama pemeluk agama dan atau kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Taat dan setia kepada Pancasila, UUD 1945, Negara dan Pemerintah Indonesia serta mengutamakan kepentingan Negara diatas kepentingan diri sendiri atau golongan.
  3. Menjunjung tinggi kehormatan bangsa, pemerintah dan STIE Jambatan Bulan Timika serta menaati segala peraturan kedinasan dan perintah-perintah atasan dengan penuh kesadaran, pengabdian, dan tanggung jawab.
  4. Bersedia memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat sesuai dengan bidang ahli dan profesinya masing-masing secara profesional dan bertanggung jawab.
  5. Tetap memelihara keutuhan, kekompakan, persatuan dan kesatuan Negara dan Bangsa Indonesia serta Korps Sivitas Akademika STIE Jambatan Bulan Timika.
  • Nilai-Nilai Khusus:
  1. Senantiasa mengabdikan dan mengembangkan diri pada tri dharma pendidikan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  2. menjunjung tinggi kebenaran dan kejujuran ilmiah, tidak melakukan tindakan-tindakan yang melanggar norma masyarakat ilmiah seperti penjiblakan, pemalsuan data dan sebagainya.
  3. Mengembangkan cara-cara berkomunikasi yang baik dengan menggunakan Bahasa Nasional di lingkungan kampus disertai kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, tidak menggunakan kata-kata kasar yang dapat menciderai nilai-nilai sopan santun dan mental belajar mahasiswa, membiasakan tegur sapa dengan rekan dosen, pegawai dan mahasiswa.
  4. Menjunjung nama baik dan kehormatan STIE JB di tengah-tengah masyarakat dengan menghindari perilaku yang tercelah, menunjukan sikap dan perilaku yang menghidupkan semangat toleransi, gotong royong dan cinta lingkungan hidup.
  5. Tidak menyalagunakan institusi STIE JB untuk kepentingan pribadi.
  6. Menolak setiap pemberian material atau pemberian jasa apapun dari mahasiswa STIE JB, bila pemberian dimaksud berakibat pada pelanggaran biaya (harga) normal, untuk menjaga objektivitas sebagai pengambil keputusan.
  7. Tidak melibatkan diri sebagai bagian dari kelompok penggiat politik praktis untuk menjaga objektivitas dan profesionalitas dalam kajian-kajian ilmiah serta terhindar dari perbuatan tercelah sebagai dampak tindakan-tindakan (aksi-aksi) politik yang menyimpang dari etika bernegara, bermasyarakat dan berdemokrasiyang benar.
  8. Taat kepada setiap aturan dan sitem yang berlaku dalam organisasi STIE JB Timika.
  9. Mengembangkan sikap pelayanan yang penuh simpatik kepada setiap mahasiswa tanpa pandang bulu, serta menjadi teladan bagi mahasiswa dalam menegakan nilai-nilai kejujuran dan keadilan.
  10. Melakukan administrasi alat, materi dan hasil belajar dengan baik.
  11. Taat kepada disiplin waktu kerja.
  12. Ikut memelihara kebersihan dan keindahan kampus.
  13. Selalu menjaga kebersihan dan kerapihan ruang kerja.

 

Pasal 3

Sanksi

Pelanggaran terhadap nilai-nilai dalam kode etik dapat berakibat pada pemberian sanksi kepada si pelanggar yang dapat berupa hukuman teguran ringan, atau teguran keras, atau peringatan dengan ancaman pencabutan SK mengajar, atau pencabutan SK mengajar.

 

Pasal 4

Ketentuan Peralihan

  1. Kode etik ini menyempurnakan kode etik yang terdapat dalam Statuta STIE Jambatan Bulan Timika.
  2. Kode etik ini sewaktu-waktu dapat diubah dengan alasan penyesuaian dengan kondisi perkembangan STIE JB atau perkembangan lingkungan sekitar, dan atau perkembangan lingkungan Negara Republik Indonesia.

 

Kode etik dosen ini disahkan oleh Ketua STIE JB pada:

Tanggal: 22 Agustus 2014

 

Ketua STIE JB Timika

Tharsisius Pabendon, SE, MM.