Kode Etik Pegawai

Print Friendly

KODE ETIK PEGAWAI STIE JAMBATAN BULAN TIMIKA


Pasal 1
Pengertian

  1. Yang dimaksud kode etik adalah seperangkat aturan yang mengatur cara sikap dan perilaku seseorang baik di lingkungan kerja maupun di luar lingkungan kerja sehubungan dengan jabatan atau status kepegawaian yang disandangnya.
  2. Kode etik pegawai STIE Jambatan Bulan Timika adalah seperangkat aturan yang mengatur sikap dan perilaku pegawai STIE Jambatan Bulan baik di lingkungan kerja maupun di luar lingkungan kerja sehubungan dengan jabatan pegawai yang disandangnya.
  3. Pegawai adalah karyawan pada STIE Jambatan Bulan Timika yang bukan pendidik.
  4. STIE JB adalah Sekolah Tinggi Jambatan Bulan Timika.


Pasal 2
Nilai – Nilai


Setiap pegawai STIE JB harus:

  1. Taat dan patuh kepada pimpinan STIE JB.
  2. Menaati setiap aturan dan sistem yang berlaku di lingkungan STIE JB Timika.
  3. Menaati disiplin waktu kerja.
  4. Ikut dalam memelihara kebersihan kampus.
  5. Menjaga kebersihan dan kerapihan kampus.
  6. Mengembangkan cara-cara berkomunikasi yang baik dengan tidak menggunakan bahasa daerah di lingkungan kampus, menggunakan kaidah Bahasa Indonesia yang baik, tidak menggunakan kata-kata kasar yang dapat menciderai nilai-nilai sopan santun dan mental belajar mahasiswa, membiasakan tegur sapa dengan rekan kerja, dosen, dan mahasiswa.
  7. Harus mengembangkan sikap pelayanan yang penuh simpatik kepada setiap mahasiswa tanpa pandang bulu.
  8. Menjunjung nama baik dan kehormatan STIE JB di tengah-tengah masyarakat dengan menghindari perilaku yang tercelah.
  9. Menolak pemberian jasa apapun dari mahasiswa STIE JB bila pemberian jasa dimaksud berakibat pada pelanggaran biaya normal sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  10. Menaati prosedur kerja sebagai berikut:

TAHAP PERSIAPAN:

Tahap 1: Masuk kerja sesuai dengan jam kerja dalam kontrak kerja atau jam kerja yang telah disepakati dengan Ketua STIE JB.

Tahap 2: Membersihkan dan mempersiapkan ruang serta alat kerja.

Tahap 3: Mencatat rencana kerja hari ini dalam agenda kerja.

TAHAP PELAKSANAAN KERJA

Tahap 4: Pelaksanaan kerja.

TAHAP PENUTUPAN KERJA

Tahap 5: Pengecekan agenda kerja yang selesai, dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Beri keterangan tuntas untuk setiap pekerjaan yang Anda tuntaskan.
  2. Beri keterangan belum tuntas untuk setiap pekerjaan yang Anda belum tuntaskan. Tuliskan batas pekerjaan selesai untuk setiap pekerjaan yang belum tuntas.
  3. Bila ada pekerjaan tambahan yang tidak sesuai dengan agenda, tambahkan dalam agenda.

Tahap 6: Pelaporan hasil kerja hari ini kepada atasan langsung. Bila atasan langsung tidak ada, bisa dilaporkan ke Ketua STIE JB.

Tahap 7: Perapihan ruang kerja untuk ditinggalkan, dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Simpan dengan rapih semua dokumen-dokumen penting di tempat yang seharusnya.
  2. Perhatikan dengan seksama jangan sampai ada dokumen kerja yang tercecer.
  3. Matikan komputer dan printer kerja Anda, bebaskan power dari sambungan arus listrik.
  4. Cabut semua cok listrik di ruang kerja Anda.
  5. Tinggalkan ruang dan meja kerja Anda dalam keadaan bersih.

Tahap 8: Meninggalkan ruang kerja.


Pasal 3
Sanksi

Pelanggaran terhadap nilai-nilai dalam kode etik ini dapat berakibat pada pemberian sanksi kepada si pelanggar yang dapat berupa hukum teguran ringan, atau teguran keras, atau peringatan dengan ancaman pencabutan kontrak kerja, atau pencabutan kontrak kerja.


Pasal 4
Ketentuan Peralihan

  1. Kode etik ini menyempurnakan kode etik yang terdapat dalam Statuta STIE Jambatan Bulan Timika.
  2. Kode etik ini sewaktu-waktu dapat diubah dengan alasan penyesuaian dengan kondisi perkembangan lingkungan kerja STIE JB.

Kode etik pegawai ini disahkan oleh Ketua STIE JB pada

Tanggal: 15 Juli 2011

Ketua STIE JB Timika

Tharsisius Pabendon