Sejarah Singkat

stie.jambatan.bulan.timika..papua
Print Friendly

Dengan ditetapkannya Kabupaten Mimika sebagai salah satu Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (KAPET), yang kemudian ditunjang dengan kebijakan pemerintah untuk memekarkan Provinsi Papua menjadi 3 (tiga) provinsi dimana Kabupaten Mimika dirancang menjadi pusat pemerintahan Papua Tengah, maka sangat dibutuhkan adanya persiapan dan pengembangan di semua segi di antaranya persiapan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengantisipasi era persaingan ekonomi global yang sangat membutuhkan peranan teknologi dan sumberdaya manusia yang handal.

Untuk mendukung kesiapan era tersebut, diperlukan pengelolaan sumberdaya manusia pada semua jenjang umur, baik melalui pendidikan formal maupun non formal, yang dilakukan secara terencana dan terarah, yang tidak hanya berharap pada pemerintah akan tetapi merupakan kewajiban bagi seluruh warga masyarakat. Pendidikan, termasuk di dalamnya pendidikan tinggi, merupakan wadah yang sangat penting dalam rangka membina dan mengembangkan sumberdaya manusia sebagai modal dasar pembangunan nasional.

Selain itu, perkembangan Lembaga Pendidikan Tinggi di Papua saat ini masih mengalami ketimpangan di mana sebagian besar perguruan tinggi yang ada terpusat di Ibukota Provinsi dan beberapa kabupaten lainnya sementara ada beberapa kabupaten yang sangat potensial belum memiliki perguruan tinggi, salah satunya adalah Kabupaten Mimika.

Atas dasar pemikiran dan kondisi di atas, Yayasan Jambatan Bulan melaksanakan studi kelayakan selama tahun 1999 sampai dengan tahun 2000. Akhirnya pada tanggal 7 Februari 2001 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 08/D/o/2001 secara resmi berdirilah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Jambatan Bulan di Timika dan Pemberian Status Terdaftar kepada 2 (dua) Program Studi untuk Jenjang Strata Satu (S1) dan Diploma Tiga (D3) di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambatan Bulan Timika.